Sunday, October 12, 2014

Tu Mas & Tu Alit's Wedding - Upacara Mepamit

Hari ini adalah hari bersejarah untuk seorang sahabat yang begitu saya sayang. Teman sebangku selama 3 tahun di SMA. Sahabat yang selalu setia menemani walaupun yang ditemani jarang banget ada di kelas. Sahabat yang tak pernah lelah mendengar keluh kesah dan menjadi sandaran. Sahabat yang sangat bijaksana. Sahabat yang selalu ada. 
(Mulai keluar air mata saat ngetik ini...)

Upacara Mepamit
Akhirnya setelah bertahun-tahun pacaran, melewati masa-masa bahagia, gundah gulana, galau dan sebagainya, tiba juga hari yang ditunggu-tunggu. Hari ini mempelai wanita berpamitan dengan kedua orang tuanya. Mempelai pria berserta dengan keluarga berbondong-bondong datang ke rumah mempelai wanita untuk menjemputnya dan mengajaknya ke rumah mempelai pria. Sang mempelai pria meminta ijin dan restu dari kedua orang tua mempelai wanita untuk "mengambil" anak wanitanya. Di saat-saat seperti inilah para mempelai wanita Bali merasa sangat sedih bercampur bahagia. Sedih karena ia "meninggalkan" orang tuanya. Namun juga bahagia karena ia akan bersatu dengan lelaki pujaannya. 

Setiap wanita Bali akan mengalami prosesi ini. Beberapa sahabat yang sudah melaluinya, mengatakan bahwa mereka menangis semalaman pada saat malam pertama mereka di rumah sang mempelai pria. Ada kesedihan meninggalkan kedua orang tua. Tapi tentu saja ada kebahagian di hari-hari berikutnya. Air mata pada saat prosesi mepamit adalah luapan perasaan terima kasih kepada orang tua yang sudah menyayangi serta mendidik dan dengan ikhlas melepas anaknya untuk menuju tahap berikut di dalam kehidupan. Pesan singkat yang bisa diambil adalah sayangi orang tuamu selagi sempat dan belum terlambat!


Siap mengantar Tu Mas menuju rumah Tu Alit

Ki-Ka: Ega(akan menikah akhir oktober) - Tu Mas (mempelai wanita) - Saya!
Semoga yang baju hijau segera menyusul. Hehehe.

Di balik kain itu, sang mempelai wanita menangis sedih bercampur bahagia.

Mempelai pria (Tu Alit)

Prosesi megayot Tu Mas dan Tu Alit

 Video saat prosesi megayot. Sorry for the bad quality of video. 
It's taken with my Iphone5.

"Happy Wedding Day, my dear best friend Tu Mas. Bahagia selalu dengan Tu Alit. Semoga diberikan keturunan yang suputra dan suputri. Dan rumah tangganya senantiasa dilindungi Hyang Widhi. Astungkara."

No comments:

Post a Comment